PENGANTAR LOGIKA DAN ALGORITMA DENGAN PASCAL
Pengertian LOGIKA:
Logika berasal dari bahasa Yunani yaitu
LOGOS yang berarti ilmu. Logika pada dasarnya filsafat berpikir. Berpikir
berarti melakukan suatu tindakan yang memiliki suatu tujuan. Jadi pengertian
Logika adalah ilmu berpikir / cara berpikir dengan berbagai tindakan yang
memiliki tujuan tertentu.
Pengertian ALGORITMA:
Pada Merriam-Webster’s Collegiate
Dictionary, istilah algoritma diartikan sebagai prosedur langkah demi langkah
untuk memecahkan masalah atau menyelesaikan suatu tugas. Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI) mendefinisikan algoritma sebagai urutan logis pengambilan
keputusan untuk pemecahan masalah.
Alat Bantu untuk menuliskan Logika dan Algoritma, salah satunya adalah
FLOWCHART.
Pengertian FLOWCHART:
gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma dalam suatu program
atau prosedur sistem secara logika, yang menyatakan arah alur program dalam
menyelesaikan suatu masalah.
SIMBOL Flowchart
Pedoman-pedoman dalam Membuat Flowchart:
1
Bagan alir sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian
kiri dari suatu halaman.
2
Kegiatan di dalam bagan alir harus ditunjukkan dengan jelas.
3
Harus ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai dan dimana akan
berakhirnya (diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END).
4
Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir sebaiknya digunakan suatu
kata yang mewakili suatu pekerjaan, misalnya:
●
"Persiapkan" dokumen
●
"Hitung" gaji
5
Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir harus di dalam urutan yang
semestinya.
6
Kegiatan yang terpotong dan akan disambung di tempat lain harus
ditunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung.
7
Gunakanlah simbol-simbol bagan alir yang standar.
Secara garis besar, Ada 3 bagian utama dalam flowchart :
INPUT
1
PROSES
2
OUTPUT
3
Contoh:
Buat algoritma dan Flowchart untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:
Pekerjaan:
Rumus:
LuasPersegiPanjang = Panjang x Lebar
Algoritma:
1
Tentukan nama variabel yang akan menampung data Panjang, lebar dan
luas persegi panjang.
2
Masukkan (inputkan) data Panjang dan Lebar pada variabel yang sudah
ditentukan.
3
Hitung Luas persegi panjang.
4
Tampilkan (outputkan) Luas persegi panjang.
Flowchart:
START
END
Luas, Panjang, Lebar
Inputkan:
Panjang dan lebar
Hitung:
Luas Persegi panjang
Outputkan:
Luas Persegi Panjang
Latihan:
Buat algoritma dan Flowchart untuk Menghitung:
1
Luas Segitiga
2
Luas Lingkaran
IMPLEMENTASI DALAM PROGRAM
(Sebagai contoh: Bahasa Pemrograman Pascal)
Pengertian PROGRAM:
Kumpulan instruksi (statements) yang disusun secara logis untuk
memecahkan suatu masalah. Instruksi-instruksi yang digunakan disesuaikan dengan
jenis bahasa pemrograman yang digunakan (reserved word yang disediakan).
Stuktur Penulisan Pascal:
Program
Nama_Program;
uses
. . .
{Unit-unit yang dipakai} ;
label
. . .
{label-label yang dipakai } ;
const
. . .
{pengumuman tetapan-tetapan} ;
type
. . .
{ pengumuman tipe-tipe data };
var
. . .
{ pengumuman peubah-peubah };
procedure
Nama_Prosedur;
begin
end;
Function
Nama_Fungsi;
begin
. . .
end;
{ Program utama }
begin
. . .
end.
Perintah Input :
Perintah Pascal yang digunakan untuk memasukkan/menginputkan data.
Bentuk perintah:
Read dan Readln
Struktur penulisan:
Read(nama variabel);
Readln(nama Variabel)
Perintah Output:
Perintah Pascal yang digunakan untuk menampilkan/mengoutputkan data.
Bentuk perintah:
Write : setelah
menampilkan data atau teks, kursor berada tepat disamping kanan data yang
ditampilkan.
Write : setelah
menampilkan data atau teks, kursor berada pada baris berikutnya.
Struktur penulisan:
write(nama variabel);
write(‘teks’);
writeln(nama Variabel);
writeln(‘teks’);
Contoh:
Buat program sederhana untuk Menghitung Luas Persegi Panjang:
Program LuasPersegiPanjang;
Var
Luas, Panjang, Lebar : integer;
Begin
Readln(panjang);
Readln(Lebar);Luas:= Panjang*Lebar;
Writeln(‘Luas Persegi Panjang
adalah:’,Luas);
Readln;
End.
Tampilan pada lembar kerja Pascal:
Menjalankan program dengan perintah:
Ctrl+F9(tekan tombol Ctrl dan F9 bersama-sama).
Apabila Panjang diisi 7 dan lebar diisi 8 maka hasil perintah diatas
tampil sbb:
Buat program sederhana untuk Menghitung:
1
Luas Segitiga
2
Luas Lingkaran
STRUKTUR KENDALI “IF’
Struktur
kendali aliran adalah suatu bentuk/struktur yang memiliki peranan khusus untuk mengatur aliran urutan pengerjaan
operasi atau beberapa operasi tertentu.
Salah
satu contoh pernyataan kendali yaitu pernyataan if .
Pernyataan
if (if statement) akan
memeriksa suatu persyaratan dan menentukan
apakah syarat tersebut benar atau salah, kemudian melakukan pekerjaan
sesuai dengan nilai pernyataan tersebut.
Struktur Penulisan:
Berikut adalah bentuk-bentuk dari pernyataan if yang sering digunakan :
1
If dengan satu
pernyataan (statement)
If
(kondisi) then pernyataan ;
1
If dengan dua atau
lebih pernyataan (statement)
If (kondisi) then
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end;
2
If dan else
If (kondisi) then
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end
else
begin
pernyataan1 ;
pernyataan2 ;
…..
end;
Dari bentuk bentuk pernyataan if di atas yang harus diperhatikan
adalah untuk pernyataan if dan else, pernyataan-pernyataan setelah then tanpa menggunakan “;”. Dengan kata
lain jika pernyataan setelah then hanya terdiri dari satu pernyataan saja makan
pernyataan tersebut tanpa menggunakan “;”, namun jika pernyataan setelah then
terdiri dari lebih dari satu pernyataan makan setelah end tanpa menggunakan “;”.
Buat flowchart dan program sederhana untuk menampilkan bilangan
terbesar.
1
START
END
Input :
Nilai A
Nilai B
A > B
Terbesar = B
Terbesar = A
Output :
Nilai Terbesar
Tidak
Ya
Begin
Readln (A);
Readln (B);
If A > B then
Terbesar := A
Else
Terbesar := B;
Writeln(Terbesar);
End.
Sekian postingan saya, mungkin apabila ada tambahan bisa dicomment yaa..
0 comments:
Post a Comment